Catatan Khusus Demokrasi Indonesia ala Sekjen DPP PSI

2018-12-07 23:50:06 Wita | Rakyatku.com


RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Sekretaris Jenderal (Sekjend) Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Raja Juli Antoni angkat bicara soal masa depan demokrasi Indonesia yang masih butuh pembenahan.

Raja memberikan catatan khusus mengenai demokrasi di Indonesia yang menurutnya masih sering direcoki oleh sikap-sikap intoleran. 

"Meski saat ini negara kita sudah memiliki pedoman konstitusional mengenai Pancasila dan penghormatan terhadap keberagaman, namun fakta menunjukkan data yang berbeda. Tindakan intoleran dan ancaman terhadap hak-hak orang lain masih terus terjadi,” tuturnya saat hadir dalam diskusi yang dihelat GPIW Sulselbar dan Parkindo di Cafe Urbanist Box, Jalan Pelita Raya Makassar, Jumat (7/12/2018).

Berdasarkan fakta tersebut, kata Raja, semua pihak harusnya bisa memahami bahwa Indonesia meski sudah final secara konstitusional tetapi masih membutuhkan penguatan dalam praktek kehidupan berbangsa dan bernegara.

“Kita tidak bisa menunggu dan membiarkan praktek korupsi dan intoleransi terus menerus menggerogoti kehidupan kita sebagai bangsa yang majemuk. Harus ada tindakan-tindakan politik untuk memastikan rumah Indonesia ini bisa terus tegak sebagai rumah bersama,” tegasnya.

Sementara itu, Koordinator Pemilih Indonesia, Jerry Sumampow, yang juga hadir dalam diskusi tersebut secara khusus memberi apresiasi kepada PSI yang berani mengangkat narasi-narasi yang selama ini seolah tenggelam dan enggan diangkat oleh parpol di parlemen.

“Kita harus apresiasi ada PSI yang berani keluar dari narasi politik receh dengan mengangkat narasi-narasi politik yang menjadi substansi permasalahan bangsa ini. Parpol lain seakan enggan mengangkat isu korupsi dan intoleransi, lebih suka bermain narasi yang sama sekali tidak mendidik. Namun anak muda di PSI meski dengan segala resiko yang ada berani muncul dengan penolakan yang tegas terhadap korupsi dan intoleransi,” singkatnya.

Sekadar diketahui, dalam diskusi yang dihadiri sekitar 100 peserta tersebut,  turut hadir Ketua DPW PSI Sulsel Muhammad Fadli Noor, Ketua DPD PSI Kota Makassar Affandi Ibrahim, serta pengurus DPP PSI, Andi Saiful Haq.