DPRD Makassar Minta Dinas Damkar Benahi Pompa Hydrant

2018-04-25 16:52:00 Wita


Bece.co.id - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Makassar, menyoroti Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar, untuk mengurangi kegiatan sosialisasi dan mengutamakan perbaikan sejumlah pompa Hydrant yang rusak dan mengantisipasi ketersediaan pasokan air di musim kemarau.


Ketua Komisi D DPRD Makassar, Sampara Sarif, menyampaikan ketersediaan air menjadi penting bagi Damkar, apalagi menjelang musim kemarau mendatang. Ketersediaan air tersebut tentu harus ditunjang dengan keberadaan hydrant sebagai sumber air untuk armada Damkar.


"Berangkat dari pemikiran itulah, sehingga dewan meminta agar dinas terkait harus sudah mengantisipasi langkah yang tepat untuk mempersiapkan pompa hydrant pada sejumlah titik yang dipasang," ungkap Sampara, saat dihubungi, Rabu, (25/04/2018).


Apalagi menurut Sampara, sudah ada anggaran untuk pemeliharaan pompa hydrant yang dipersiapkan di APBD 2018.


"Kondisi hydrant saat ini memang pasokan airnya banyak tergantung pada PDAM Makassar, kan seperti itu. Tapi juga saya lihat hydrant kita ini, ada pemeliharaanya di Damkar. Inilah yang kita minta agar menjadi perhatian lebih buat Damkar, agar juga mengutamakan perbaikan pompa hydrant yang ada di beberapa titik di Kota Makassar namun tidak berfungsi," ungkapnya.


Lanjut Legislator Fraksi PPP ini, bahwa perhatian Pemkot memang harus lebih besar saat memasuki musim kemarau, sebab kebutuhan air akan melonjak terlebih lagi jika ada masalah kebakaran yang terjadi.


Dijelaskannya juga bahwa Dewan tidak ingin pihak Damkar mengeluh nanti setelah masuk musim kemarau. Sehingga pihaknya menginginkan agar persoalan tersebut bisa diantisipasi sedini mungkin.


"Tiap musim kemarau inikan selalu dikeluhkan, jadi memang perlu diantisipasi jauh hari sebelumnya. Apalagi anggarannya kan ada untuk pemeliharaan pompa hydrant. Jadi sebelum terjadi, harus bisa diantisipasi dan harus di cek ulang. Kalau memang masih ada yang rusak langsung benahi," katanya.