Dua Saudara Fais Juga Jadi Korban Penembakan KKSB Papua

2018-12-07 23:47:48 Wita | Rakyatku.com


RAKYATKU.COM, MAKASSAR - Selain Muhammad Fais Syahputra (29), dua saudara kandungnya juga diketahui menjadi korban penembakan Kelompok Kriminal Separatis Bersenjata (KKSB) Papua. Mereka adalah Aris Usi dan Yusran. 

Dari penuturan Luqman, mertua Fais, saat berangkat ke Papua pada tanggal 12 November lalu, selain bersama saudaranya, Fais juga berangkat dengan tiga orang sepupunya. Mereka adalah Yosafat, Petrus Ramli, dan Ayub. 

Yosafat dan Petrus Ramli juga menjadi korban penembakan. Sementara Ayub selamat karena pura-pura mati saat penembakan terjadi. Selain keluarganya, dua tetangga Fais yang beralamat di Makassar, hingga kini belum diketahui keberadaannya.

"Saudaranya dimakamkan di Morowali karena orang tuanya ada di sana,"kata Luwman saat diwawancara, Jumat (7/12/2018).

Sementara itu, Ketua RT 4 Kelurahan Laikang tempat Fais tinggal Muhammad Daeng Tompo, mengungkapkan sebanyak tiga kali Fais menemuinya untuk berkonsultasi masalah kerjanya di Papua. 

Tompo mengatakan bahwa Fais memang memiliki tekad kuat untuk bekerja di Papua. Malam sebelum ia berangkat ke Wamena, Fais dan beberapa tetangganya yang juga berangkat ke Papua berkumpul di rumah RT setempat. 

"Dia bilang, kami tidak tahun baru di sini lagi karena sepertinya akan lama di sana bekerja. Sudah itu kami bercanda bersama. Dan ternyata itu kata terakhir yang saya dengar dari dia," kata Daeng Tompo. 

Kepergian Fais ditangisi oleh beberapa kerabat, teman dekat, hingga keluarganya. Muh. Kasim salah seorang tokoh agama yang juga sahabatnya tidak akan melupakan sikap taatnya Fais beribadah setelah jadi muallaf beberapa tahun yang lalu. 

"Setelah bunyi radio masjid, dia ke masjid salat berjamaah. Dikalah ki semua," ujar Kasim saat berada di rumah duka.