Ini Ancaman Hukuman Anggota DPRD Makassar yang Menyalahgunakan Kewenangan Jabatan

2018-03-22 15:12:00 Wita


Bece.co.id - Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Makassar telah menjadwalkan pemanggilan sejumlah anggota DPRD Kota Makassar soal penyalahgunaan kewenangan jabatan.


Dalam laporan tersebut, kuasa hukum Danny – Indira melaporkan 13 anggota DPRD Kota Makassar karana telah diduga menggunakan fasilitas dan anggaran pemerintah daerah untuk kepentingan mendukung pasangan calon wali kota, Munafri Arifuddin – Andi Rachmatika Dewi (Appi – Cicu).


Ketua Panwaslu Makassar, Nursari menilai anggota dewan tersebut terancam diberi hukuman pidana seperti yang tertuang dalam Undang-undang Pilkada nomor 1 tahun 2015.


“Jika terbukti usai diproses, implikasinya adalah pidana. Seperti yang tertera pasal 187 ayat 3, huruf H, I dan J. Pidananya paling singkat 1 bulan paling lama 6 bulan dengan denda 100 ribu sampai 1 juta rupiah,” Nursari, Kamis (22/3/2018).


Selain itu, ia menjelaskan penanganan kasus ini akan digelar secara berjenjang, Mulai tingkatan Panwas hingga pengadilan tinggi negeri.


“Waktunya 5 hari di panwaslu. Setelah 5 hari dilimpahkan ke kepolisian paling lama 14 hari kerja. Kemudian, dilimpahkan ke kejaksaan untuk diproses di pengadilan tinggi negeri,” sambung Nursari.


Diketahui, sebelumnya Partai pengusung Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar, Munafri Arifuddin – Andi Rachmatika Dewi (Appi-Cicu) membentuk barisan baru untuk memenangkan kandidatnya di gedung DPRD kota Makassar. (*)