Jajal Bisnis Online, Rahayu Nurul Reski Mampu Biayai Kuliah Magister Berkat Kemudahan JNE

2018-10-12 16:32:08 Wita | tribun-timur.com


TRIBUN-TIMUR. COM, MAKASSAR -Rahayu Nurul Reski (23) memilih bisnis online shop setelah menyelesaikan studi program sarjana (S1) jurusan Biologi di Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.

Melalui bisnis online shop, Ayu sapaan akrabnya menjual salempang wisuda yang dijahitnya sendiri dan tas, jam tangan serta dompet yang merupakan produk impor dari brand Jims Honey.

Salempang Wisuda dijual dengan harga Rp 45 ribu hingga Rp 65 ribu per lembar. Harga tergantung pinggiran dan jumlah baris nama wisudawan yang dibordir.

Untuk pemasaran, Ayu memanfaatkan sosial media Instagram dengan nama akun @selempangstore, Facebook, Selempang Murah Makassar dan Line, selempangstore.

"Lama pengerjaan paling lama dua hari setelah pemesanan. Saat ini saya menerima permintaan dari berbagai kampus di Makassar sejak saya tekuni bisnis ini tahun lalu," tutur Ayu.

Ayu mengungkapkan permintaan biasanya ramai pada pertengahan tahun saat menjelang wisuda yaitu bulan enam, bahkan bulan enam kemarin ia berhasil memproduksi 800 lembar.

Dengan jualan Salempang Wisuda, perempuan kelahiran Ujung Pandang, 28 November 1995 ini mendapatkan keuntungan rata-rata Rp 4 juta hingga Rp 10 juta per bulan. Tergantung jumlah pemesanan.

Produk Fesyen

Untuk tas dan dompet, Ayu menyasar mahasiswa termasuk ibu-ibu muda yang memperhatikan penampilan khususnya mereka yang mengikuti tren fesyen kekinian.

"Sebelum saya jualan ini saya jadi konsumer terlebih dahulu. Setelah memakai dan bahannya bagus, tahan lama baru saya jualan," kata perempuan yang suka Jus Semangka ini, Jumat (12/10/2018).