Komisi A DPRD Lamongan Belajar Sistem Pengawasan OPD di DPRD Makassar

2018-02-21 11:37:00 Wita


Bece.co.id, Makassar - Komisi A DPRD Kabupaten Lamongan menyambangi DPRD Kota Makassar terkait pengawasan legislasi terhadap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sebagai mitra kerja.


Rombongan diterima oleh Ketua Komisi D, Sampara Sarip di ruang komisi pada Rabu (21/2/2018).


”Tiap tiga bulan sekali kami menggelar rapat Monitoring Evaluasi (Monev) untuk mengetahui sejauh mana kinerja OPD,” papar Sampara Sarip dihadapan rombongan Komisi A.


Dihadapan rombongan komisi A Lamongan ini, pria yang akrab disapa H Chang memperkenalkan aplikasi A’jamma sebagai wadah untuk menerima aspirasi dari masyarakat yang kemudian ditindak laniuti dengan menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP).


“Semua aspirasi yang masuk melalui aplikasi A’jamma ditindak lanjuti oleh komisi yang bersangkutan dengan menggelar RDP,” jelasnya.


Selain itu, juga memaparkanPendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Makassar yang terus meningkat hingga 1,2 triliun. Kata dia, salah satu strategi adalah mengubah pajak restoran dari sistem manual menjadi online untuk mempermudah pembayaran pajak. Juga dilakukan pengawasan yakni Laskar Pajak yang dibentuk oleh Bapenda.


“Sistem ini cukup ampuh dan mampu menaikkan PAD Kota Makassar sebab setiap hotel, restoran dan rumah makan pajaknya terkoneksi langsung dengan Bapenda,” tutupnya. (*)