Pemkab Maros Gelar Pawai Takbiran, Berikut Rutenya

2018-06-14 10:03:55 Wita | tribun-timur.com


Laporan Wartawan Tribun Timur, Ansar Lempe

TRIBUN TIMUR.COM, MAROS - Malam Takbiran di Maros akan tetap didesain meriah seperti tahun lalu, Kamis (14/6/2018).

Kabag Humas Pemkab Maros, Darmawati mengatakan, rute pawai takbir star di depan kantor BPBD Jl Asoka, lalu ke Jenderal Sudirman.

Setelah itu, arak-arakan mobil hias SKPD dan peserta takbiran melintas di jalan Nurdin Sanra, Nangka, depan Rujab Bupati, Pettarani, kembali ke Jenderal Sudirman dan finish di bandara lama, Mandai.

Pada lomba takbir dan hias kendaraan tersebut, Pemkab telah menyebar sejumlah tim penilai. Mereka akan menilai peserta yang serius takbiran.

"Semua peserta akan dinilai. Penilai akan disebar di sepanjang jalur yang telah ditentukan, termasuk di panggung penghormatan depan Rujab," katanya.

Pemkab berharap, Plt Gubenur Sulsel, Sumarsono supaya tidak mengkhawatirkan pawai takbiran di Maros. Selama proses berlangsung, ia memastikan keributan atau hal-hal negatif tidak akan terjadi.

"Dipastikan, pawai takbiran akan berlangsung tertib karena tetap dikawal oleh pihak keamanan. Tahun-tahun sebelumnya juga berjalan lancar dan aman," katanya.

Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Sulsel mengimbau agar para bupati dan wali kota se-Sulsel untuk tidak mengadakan pawai takbir.

Kebijakan ini adalah pertama kalinya. Salah satu alasannya, tahun ini sedang berlangsung momentum politik. Dengan menimbang hal itu, dinilai berpotensi menyebabkan timbulnya gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kantibmas).

Imbauan ini tertuang dalam surat Gubernur Sulawesi Selatan yang ditanda tangani oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Sekda) Sulawesi Selatan Tautoto Tana Ranggina tanggal 8 Juni 2018 dengan Nomor Surat 300/2121-Set/Kesbang.

Dalam surat imbauan tersebut, Pj Gubernur Soni Sumarsono mengimbau para bupati dan wali kota untuk senantiasa menjaga keamanan dan ketertiban jelang Hari Raya Idulfitri serta jelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak 27 Juni mendatang.

Mereka juga diimbau untuk memantau perkembangan situasi guna menjaga Trantibmas di wilayah masing-masing.(*)