Proyek Tol Pettarani Korbankan Pohon, DLH Makassar Janji Akan Ganti Dengan Taman

2018-02-23 12:11:00 Wita


Bece.co.id - Semakin tingginya tingkat kemacetan di Kota Makassar menjadikan proyek Tol Layang merupakan solusi untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi, khususnya di sepanjang jalan AP Pettarani yang rencana pelaksanaannya akan dikerjakan padaa Maret mendatang.


Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Makassar, A Khadijah Iriani Ridwan mengatakan pihaknya sudah menyelesaikan semua ijin termasuk utilitas dalam percepatan pembangunan tol layang tersebut.


“Kita sudah membackup semua yang dipersyaratkan, seperti dalam percepatan ijin, jadi tidak ada lagi kendala. Jadi, tinggal pelaksanaan dari Nusantara Infrastruktur (salah satu perusahaan infrastruktur swasta yang terlibat dalam proyek tersebut),”ujarnya, Jumat (23/2/2018).


Lebih lanjut Iriani mengatakan sejauh ini pengerjaan Tol Layang tersebut sepenuhnya diserahkan oleh PT. Nusantara Infranstruktur untuk melakukan pekerjaan tersebut.


“Semuanya kita sudah selesainya dalam bentuk segi administari jadi sekarang tinggal mereka lagi yang melakukan pekerjaannya”,tuturnya.


Disisi lain Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Makassar, Abd. Azis Hasan menuturkan, sebanyak ratusan pohon yang berada disepanjang jalan AP. Pettarani akan menjadi korban dari pembangunan tol layang bertingkat tiga tersebut.


Kini pihak DLH Makassar sementara memikirkan progres dan nasib dari pohon yang akan ditebang saat proses pembangunan dimulai.


Sebagaimana diketahui dalam beberapa tahun terakhir DLH telah bekerja secara monoton dalam melakukan penanaman dan pemeliharaan pohon untuk menambah ruang terbuka hijau (RTH) yang masih terbilang minim di kota Makassar.


“April itu sudah pemasangan tiang tol, ratusan pohon jadi korban, terutama dijalur tengah itu habis, tapi katanya ada kompensasi dari mereka untuk membuat taman yang cantik dibagian bawah jembatan,”tutupnya.