Selamat, Putra Chaidir Syam Sabet Juara I Pencak Silat Internasional

2019-02-11 15:20:25 Wita | tribun-timur.com


TRIBUN MAROS.COM, TURIKALE - Putra Ketua DPRD Maros, Chaidir Syam, Muh Fathan (17) berhasil menyabet juara satu pencak silat berlevel Internasional di Bandung.

Fathan yang merupakan anak ketiga dari enam bersaudara tersebut, berlaga pencat silat dengan mewakili Sulsel dan Indonesia.

Fathan meraih juara Kategori Tanding Kelas C Putra, dalam Kejuaraan Pencak Silat Terbuka Perguruan Pencak Silat (PPS) Paku Bumi Open VI 2019.

Pencat silat yang melibatkan sejumlah siswa SD, SMP dan 3.100 mahasiswa dari Asia dan Eropa. Pertandingan erlangsung di GOR Padjadjaran dan Tri Lomba Juang Bandung.

Pada kegiatan yang berlangsung mulai 31 Januari hingga 3 Februari tersebut, Sulsel mengikutkan 6 pesilat 1 pelatih.

Fathan mengaku senang belajar pencak silat sejak masih duduk di bangku SMP Darul Arqam Muhammadiyah Gombara, Makassar, Senin (11/3/2019).

Siswa kelas tiga Bosowa Internasional School menilai, kejuaraan tersebut sangat berkesan.

Selain bertemu dengan pesilat dari berbagai negara, kejuaraan tersebut juga menjadi ajang untuk mempelihatkan pencak silat dari Sulawesi.

Sebelum berlaga, Fathan mempersiapkan dari sejak awal, baik fisik maupun mental. Ia juga melakukan latihan rutin untuk memaksimalkan teknik penyerangan, bantingan dan guntingan.

"Untuk berpretasi, kita harus optimis. Belajar dan latihan dengan keras. Tapi paling penting, perbanyak doa dan ibadah. Sebagai putra bangsa, kita harus memberikan yang terbaik," kata Fathan.