Tingkatkan Kompetensi ASN, Pemkot Gelar Sertifikasi Ujian Barang dan Jasa

2019-02-11 16:04:12 Wita | Rakyatku.com


RAKYATKU.COM, PAREPARE - Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe membuka pelatihan dan sertifikasi ujian barang dan jasa yang digelar Badan Kepegawaian dan Peningkatan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Parepare di Hotel Bukit Kenari, Senin (11/2/2019).

Taufan Pawe dalam sambutannya menyampaikan pengadaan barang jasa diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan/wawasan tentang pengadaan barang dan jasa.

“Pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan kompetensi aparatur pemerintah khususnya terkait dengan pengadaan barang dan jasa pemerintah yang harus sesuai dengan Perpres Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa,” jelas Taufan.

Taufan menyampaikan, semakin tingginya volume pengadaan barang dan jasa pemerintah, maka dituntut tersedianya sumber daya manusia yang memadai baik kualitas maupun kuantitas. Agar proses pelaksanaan pengadaan barang dan jasa dapat terselenggara secara efektif dan efisien serta tidak menyimpang dari ketentuan yang diatur dalam perundang-undangan.

“Saya sangat mengharapkan kiranya para peserta pelatihan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga ilmu yang didapatkan dalam pelatihan ini dapat dimanfaatkan untuk digunakan di SKPD masing-masing dalam rangka pengelolaan barang dan jasa,” jelas Taufan.

Sementara itu, Kepala BKPSDM Parepare, Laeteng menyampaikan, kegiatan yang diikuti 40 orang ASN ini bertujuan agar para peserta dapat mengetahui teknis pengadaan barang dan jasa, seperti yang tercantum pada Peraturan Presiden (Perpres) no 16 tahun 2018.

“Tentunya kami harap mereka bisa mengetahui persoalan teknis pengadaan barang dan jasa dengan aman, tidak berimplikasi hukum, atau masalah lainnya,” jelas Leateng.